kuliah pertama jaringan telekomunikasi

aku udah kehabisan ide mau nyatet bahan kuliah di mana. di sini aja deh.

kuliah ini jaringan telekomunikasi. aku kasih ringkasannya aja ya dari slide pendahuluan.
pertama, definisi jaringan telekomunikasi. di sini ada tiga, tapi yg akan aku ambil dari IEEE. di sini, telekomunikasi diartikan sbg transmisi sinyal jarak jauh (over long distance). dari webster sih cuma communication at distance.
dari view-nya, telkom bisa dideketin dari macem2: electrical, mechanical, bidirectional, unidirectional, kalo liat media2 yang ada. di sini, ada telpon, hp, jaringan data, tv kabel, pos sama pers. nah menariknya di sini POS juga telkom lo. tapi yg mekanikal. berarti emang ini definisinya si webster. komunikasi jarak jauh. tapi beda sih sm yg IEEE. kalo yg IEEE berarti cuma nyentuh si yang electricalnya doang. aku ga tau gambarnya ber-copyright ato ga, jadi ga berani taro di sini. walaupun sebenernya slidenya bisa diunduh di web dosennya.
dari sejarahnya, kalo mau diliat dari sisi “signal” dan “electrical” alias bukan merpati pos, telkom dimulai dari telegraf taun 1850. entah gimana caranya. taun 1930 udah bisa wireless. trus telpon. bla bla bla. pokonya gaul.
nah. buat jaman sekarang nu persaingan ketat itoeh, butuhlah si standardisasi. salah satu goal jartel adalah “melayani beragam pengguna yang perangkatnya macem2”. intinya, harus ada standar biar gak ngaco dan sendiri2. lah apa gunanya kalo si orang ga bisa komunikasi sama orang lain kalau yg dipake beda. standar ini menjamin “interoperability, compatibility, dan kinerja yang dipersyaratkan secara ekonomis”. aku ga begitu denger penjelasannya. ini quote buat INTEROPERABILITY: ability of diverse systems and organizations to work together (inter-operate). kalo compatibility aku ga nemu. kinerja lalala sih parameter2 kualitas jaringan kaya jarkom aja, kuantitatif kayanya.
isu satu lagi adalah “open standard”. ini kayanya maksudnya biar satu standar ga punya perusahaan tertentu doang, jadi bisa dari vendor ato operator berbeda.
nah ini yg seru: organisasi2 standar. yang nasional, di indonesia, ada ditjen postel. ada pula BRTI : badan regulasi telekomunikasi indonesia. inggris ada british standard institute, jerman deutsche-industrie normen, amerika ansi. yuk ah cekidot postel sama brti.
postel: setelah cekidot di websitenya, lagi banyak ttg blackberry dan si RIM. kenapa jadi kayak jubir kominfo ya -_- liat2 lagi deh. di regulasi, dibagi 4: pos, tel, freq, sama standardisasi. tapi ga mau ngulik2 lagi ah, ngantuk. yg jelas, postel ini punya 3 fungsi: pengATURan, pengAWASan, sama peNGENDALIan. atur: umum dan teknis dan perizinan, awas: pantau postel biar tetep sesuai aturan, kendali: pengarahan bimbingan penegakan hukum.
nah, kalo brti spesifik tel-nya, gada pos. awalnya utk melindungi kepentingan publik dan dukung lindung kompetisi bisnis telkom. tapi, dia ketuanya pemerintah (postel) dan ga ada wewenang eksekusi. lha ngapain dong?
kl d eropa, ada etsi, en/cenelec, sm cept. amrik ada ieee(802.11), eia(rs232), fcc, tia.
ada jg itu! int’l telkom union->badan pbb. itu-telkom buat pub rekomendasi jartel publik,itu-radio buat aspek radio ky freq.
besok yg elemen dasar ya!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *