elemen dasar jartel

ini post sambungan dari kemarin, kuliah pengantar jartel.

pertama, TUJUAN jartel.
tujuan dasar ari jartel adalah “mengirimkan informasi dari suatu user ke user lain yang ada di dalam jaringan”. kalo aku bayanginnya, sih, di teori jaringan, ada node sama ada penghubung antar node tsb. nah, si jartel ini mengirim informasi dari node ke node, atau “membuat garis”-nya. informasinya sih bisa beragam, tapi ya menurutku kalo di jartel semuanya jadinya sinyal :)) dan user (di jaringan publik namanya subscriber) bisa ngakses si jaringan pake apa2 yg beragam -> seluler fixed dll.
gambarnya agak ribet. aku pahami dulu yaaa *efek ga merhatiin kuliah
oh gitu.
jadi, anggepannya tuh ada cloud (udah tau cloud kan). di cloud ini ada node dan link-nya, yang kaya tadi aku bilang. node-nya adalah router atau switch, nah yang nyambungin tu backbone. dari tiap router atau switch, dia nyambung ke telp ato hp ato laptop *whatever* pake access network. nahh si backbone aliran informasinya jauuh lebih banyak daripada yang lalu lalang di jaringan akses.
nah terus switch. si switch ini pokonya milih2 dari inlet ke outlet. intinya aliran informasi.
terus network topology deh. “interconnection pattern of nodes in a network”
yang paling reliable dan survivable *naon sih bahasanya survivable* tu mesh. di mesh, semua node terhubung ke node lainnya.
terus star. star tu populer sekarang, di mana salah satu nodenya router. least survivable sih. tapi ini yg paling economic buat diinstall dan diadminister *apa sih ini. pokonya dimanage*
lainnya, ada bus, physical star/logical bus, sama ring.
oiya, teknologi yg dipake melalui jartel ada 3:
1. transmisi
2. switching
3. signaling
transmisi -> proses membawa informasi antar end points
yang sekarang, ada 4 medium: kabel tembaga, serat optik, gelombang radio, sama cahaya (infra merah misalnya).
kalo di jartel, transmisi itu buat ngehubungin antara router. keseluruhannya masuk transport network.
transmisinya, simplex sama duplex. simplex -> satu arah, duplex -> half duplex (HT) sama full duplex (telpon).
switching -> menghubungkan (switch) panggilan pada jaringan telepon – forward paket dari satu link ke link lain.
signaling -> ooooooo. jadi intinya ngirim sinyal “kita mau ngapain”. jadi entitas yang berada di jaringan (apapun, kaya switch) membentuk, mempertahankan, atau memutuskan sesi komunikasi di dalam jaringan. -> menggunakan suatu sinyal atau pesan tertentu.
tambahan.
ada sesuatu yg namanya “trafik”. trafik itu satuannya Erlang. per satuan jam. jadi, kalo gw ngobrol 20 menit, 1/3 erlang. itu buat satuan beban jaringan, baik si mesh yang di backbone atau di jaringan akses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *