kuliah 2 jartel: media transmisi

media transmisi secara umum ada 2 -> guided/unguided

guided: kabel dan segala turunannya (yang dapat mengarahkan perambatan sinyal)
unguided (tidak bisa mengarahkan sinyal). contoh gelombang2 wireless.
pake antena kaya tivi di rumah (yagi?) sinya radio yang dipancarkan sebagian besar akan ke (mana???? woy) pokonya intinya sinyalnya ada yg bandel2. dgn konstruksi antena tertentu si daya itu ngarah ke satu tujuan.
nah tiap kabel itu ada rentang frekuensinya masin2. jadi, untuk frekuensi x, pake kabel x.
pada sinyal2 dg frekuensi sgt tinggi (10^13an), saking gedenya f, biasanya dinyatakan dalam panjang gelombang. cahaya tuh contohnya.
-> GUIDED TRANSMISSION MEDIA “by solid medium”
yang harus dioprek: IMPEDANSI KARAKTERISTIK. -> harus = beban dari pemancar biar apaaa gitu aduh. hahha “matching impedance”
ketika menghubungkan medium transmisi dg apapun, karakteristik dari si media transmisi harus SAMA dengan perangkatnya. kondisi harus match. kalo engga? akan ada sinyal yang balik lagi (pantulan sinyal). akan berbahaya kalo maen2 sama transmitter. kalo ga match, akan ada sinyal ke hp yang balik lagi. bisa jebol transistornya.
*bapaknya megang2 kabel deket papan tulis, nyari2 impedansi (menurut lo?) katanya 75 ohm*
di socket biasanya ada tulisannya cenah. haha.
kalo masang antena televisi, yaudasiya. kalo antena hp harus hati2. tivi harus terima sinyal. kalo ga match gambarnya jelek
impedansi karakteristik dalam ohm.
nah. oprek kabel tembaga.
kelemahan: redaman tinggi (gara2 bahannya), “sensitif sama interferensi”. coba liat “hukum tangan kanan”. -> kalo ada GEM yg datang dari luar akan timbul arus. intinya ganggu transmisi (atau gagalkan kalau besar).
redaman meningkat kalo freq naik.*redaman itu “atenuasi”, satuannya desibel. pokonya entar lama2 ngilang. gitu deh. jadi, kalo gw manggil lo, “rosaaaa!!!” tar 5 meteran suaranya dah ilang. ini kayak masang karpet gitu dali yaaa.
open wire: kabel terbuka udah jarang dipake. terpengaruh kondisi cuaca lingkungan (asa tiang telpon) mengubah impedansi karakteristik. selaen itu, dia cuma bisa ada 12 kanal voice (12 percakapan).
maaf ya abal dan kacau catetannya. hehehe :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *