Yah, saya barusan nonton film Berbagi Suami karya Nia Dinata dan kemarin saya mantengin Love is Cinta dari Rudi Soedjarwo (kalo ga salah xp) di tipi,, dan.. saya pikir saya lebih cocok dengan film Berbagi Suami.. lebih sesuai dengan jiwa saya yang penikmat seni daripada film Love is Cinta yang sepertinya ditujukan bagi para remaja kasmaran yang ga punya film untuk ditonton xp

Wah, saya kan gak pernah nonton film indonesia di bioskop.. yang saya tonton itu cuma petualangan sherina jaman saya kelas empat sd dan nagabonar jadi 2 jaman saya kelas dua sma. Selain itu saya suka mendadak dangdut yang saya tonton di warnet, hehe.

Balik ke topik!!! Apa perbedaan Love is Cinta dan Berbagi Suami? Ya jauh lah!! Temanya ajah beda. Emm, Kisah LiC tuh yaa biasa cinta remaja tapii ini dibumbui kisah reinkarnasi yang aneh. Ceritanya, cinta(acha) sobatan ama rian(irwansyah). Naa, si rian tu mati tanpa ninggalin kepastian gimana perasaan dia sebenernya ke cinta. Makanya dia dikasih waktu tiga hari ama malaikat buwad nyelesaiin masalahnya di dunia sebelon dia berangkat ke alam selanjutnya.. critanya, dia masuk ke dalem tubuh doni (raffi). Selama tiga hari itu dia berusaha ngeyakinin cinta kalo dia tu rian dan berusaha ngungkapin perasaannya ke cinta.. ceritanya ANEH!! Masa’ ada malaikat2an segala? Kalo temanya cinta mbok yo ga’ usah dicampur sama hal kayakgituan… jadi inget Hot Blooded Girl karya Hwang Mi-Ree,, ttg Han Aram dan Kang Hajie. Baca sendiri komiknya yaa, lucu kok. Na masalahnya, di LiC, ceritanya digarap dengan “serius”, maksudnya, ni film kesannya serius gitu. Kalo HBG kan becandaan n hipos, jadi keanehan karena ada amalaikat2an dan jiwa mana ke tubuh ana tuh kerasa biasa aja (emang SWT, maksudna..).. getoo. Mana di LiC terakhirnya si acha sama irwansyah TERBANG bareng,, maksudnya tu bukan terbang kayak superman, melainkan semacam “diangkat” ke angkasa gitu.. pokoknya ANEH deh!! Mana si cinta ngalamin kejadian2 aneh setiap kali dia ga percaya bahwa di tubuh doni tersimpan jiwanya rian.

Kalo berbagi suami gimana? Ini film yang lumayan serius walaupun tetep punya selera humor. Ada tiga kisah berbeda yang diramu jadi satu film. Kisah dokter Salma(Jajang C. Noer), si trimo Siti(Shanty), dan si pelayan restoran Ming(Dominique A. Giyose). Mereka sama2 mengalami yg namanya poligami. Suami dr Salma, Pak Haji, punya empat istri. Naa, ibu dokter punya anak—Nadhim. Kayaknya sih si nadhim ini satu2nya anak cowo pak haji. Yaa, kisah dr salma menggambarkan keikhlasan seorang istri pertama waktu suaminya kawin lagi. Padahal keluarganya intelek loh! Liet aja: istri pertama dokter. Kedua ga jelas, kayak nyonya2 gitu deh, tante2. Ketiga aktivis, gile cantik bgt. Keempat ga jelas, baru muncul waktu pemakaman si bapak, sambil nangis2. Kisah kedua, tentang kehidupan pakliknya siti yg bekerja sebagai driver(sopir maksudyah) di industri perfilman. Siti yg jadi istri ketiga deket sama istri kedua paklik (lupa namanya sapa, tp yg meranin Rieke Dyah P). Naa si istri pertama tu uda punya anak byk, trus siti nganterin ke ginekolog yg namanya dr Salma (ini ni sambungan ceritanya). Ya gitu dee.. Akhirnya, Siti dan si istri kedua bersama kedua anak istri kedua kabur dari rumaaah… Lgian, kayaknya si Paklik nularin PMS gituu. Makanya si istri pertama blon bisa dipasangin KB. Cerita ketiga ttg Siti dan koh Abun, pemilik restoran bebek peking langganan dr Salma dan Pak Haji. Hmm,, koh abun diem2 suka sama Ming. Si ming tu jadi semacam “pelaris” restoran koh abun, karena byk yang suka sama Ming.. termasuk firman, calon sutradara. Akhirnya koh abun nikahin ming diem2 tanpa sepengetahuan cik Linda, istrinya, dan dua anak koh abun yang skula di amrik. Si ming dibeliin mobil dan apartemen. Nah pas cik linda tau kalo ming udah nikah sama koh abun, dilabrak deh si ming. Abis itu, koh abun yang ternyata permohonan green card-nya disetujui sama pemerintah amerika ternyata jadinya maw pindah ke amrik dan apartemen&mobil ming maw dijual… akhirnya ming pindah ke kontrakan deket rumah pakliknya siti…

BS emang film festival.. makanya keyen. Aq juga jd suka lagu bengawan solo gara2 BS, hehe xD